Sedekah Produktif adalah Aset Sedekah Paling Baik

Sedekah merupakan salah satu jalan untuk menuju kepada surga Allah SWT, sedekah juga bisa menjaga harta kita dari hal-hal yang buruk. Islam sangat menganjurkan agar orang itu memperbanyak sedekah karena banyak rahasia di dalam sedekah. dan sedekah yang paling baik adalah sedekah produktif, yaitu sedekah yang bisa membantu orang menjadi mandiri dan tak pernah habis. contohnya, dari pada memberi uang banyak kepada seorang gelandangan yang tidak punya pekerjaan alangkah lebih baiknya jika kita menyedekahkan uang kita dalam bentuk peralatan kerja, sebut saja misalnya gerobak bakso, alat pertukangan, cangkul dll sesuai dengan kemampuan yang di miliki penerima sedekah. karena hal iu akan lebih banyak membantu dari pada sekedar uang yang mungkin akan cepat habis.

Imam muslim meriwayatkan dari ibnu umar ra, bahwa suatu hari Umar Bin Khattab mendatangi Nabi dan berkata “ Aku mendapatkan bagian tanah di Khaibar yang luar biasa produktif. Aku bahkan belum pernah mendapatkan harta yang lebih berharga dari Tanah itu. Apa yang sebaiknya kulakukan terhadap tanah itu. Rasulullah menjawab “ Tahan modalnya, dan sedekahkan hasilnya.” Lalu Umar menyedekahkan tanahnya itu untuk kaum dhuafa. Ia tidak boleh dimiliki perorangan, dijual atau dihibahkan, dan tidak diwariskan. Penggarap tanah dipersilahkan mengambil sebagian hasil panen secukupnya dan sebagian besar lainnya untuk fakir miskin di sekitar kebun.

Apabila kita punya usaha baik hotel, restoran, rumah kos-kosan, interior mebel jepara murah ataupun usaha lain, sebagian hasilnya dapat digunakan untuk membantu fakir miskin di sekitar tempat itu baik dalam bentuk pendidikan, kesehatan maupun kegiatan dakwah dll.

Selanjutnya biarkan Sedekah anda bekerja untuk mewujudkan janji Nya “ Perumpamaan (derma) orang yang membelanjakan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebiji benih yang menumbuhkan tujuh bulir, yang tipa bulir mengandung seratus biji. Ingatlah Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi orang yang dikehendaki Nya. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah: 261)

Disarikan dari sedekah produktif : Ustadz Yusuf Mansyur.

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Designed by Andre Putra | Copyright of Artikel Buat Kita.

My Stats